Spammers Ekploitasi Serangan Swine Flu

Cybercriminal mengeksploitasi serangan swine flu baru-baru ini sebagai kesempatan untuk menginstal kode malware ke dalam komputer, inbox spam email, dan mencuri alamat email. Ahli keamanan dari penyedia solusi anti-virus Symantec telah menganalisis sebuah email berisi malware pada attachment Adobe PDF yang disebut "Swine influenza frequently asked questions.pdf.".

Ketika pengguna megakses file tersebut, malcode yang terdapat pada PDF mencoba menginstal bagian lain dari malware yang disebut Infostealer ke dalam sistem pengguna. Infostealer mencuri informasi pribadi dari komputer, dan mengumpulkannya lewat email. Tipe email spam lainnya, menginformasikan penerima mengenai bencana ini, menggunakan link ke berita headline dari agen berita terpercaya.

Pengguna diminta apakah mereka berada di Amerika Serikat atau Meksiko atau jika mereka tahu jika ada seseorang yang tengah terinfeksi. Mereka kemudian diminta untuk mengisi formulir (disediakan pula URL-nya), atau membalas dengan cerita mereka dan detail kontak.

Pengguna komputer disarankan untuk menjaga perangkat lunak keamanan mereka up-to-date dan waspada dengan attachments dari sumber tidak terpercaya.

SDA Asia
back to Index

THE UPGRADEABLE

Related Links

Get the latest news from SKA.
Follow our official twitter @ska_FEunpad

Contact us at our email:
admin@ska.web.id

Material on this website is © 2018 Studio Komputer Akuntansi FEB Universitas Padjadjaran